Rolex Submariner Two-Tone; Sejarah dan Perkembangannya

rolex submariner

Sejak pertama kemunculannya, Rolex Submariner Two-tone sudah mengalami proses perjalanan dan pengembangan yang tidak singkat. Jika Anda pencinta jam ikonik ini, maka artikel ini tak boleh Anda lewatkan.

Sekilas Tentang Rolex Submariner dan Istilah "Two-tone"

Apa itu jam tangan Rolex Submariner?

Rolex Submariner merupakan salah satu varian Rolex yang hadir untuk memanjakan para penyelam. Cikal bakal Rolex Submarine pertama kali muncul pada tahun 1953, lalu resmi muncul di publik pada 1954.

Meski bukan pelopor dive watch, Rolex Submariner merupakan jam pertama di yang memiliki fitur water-resistant hingga 100m. Selain itu, Rolex Submariner juga jadi jam pertama dengan bezel yang bisa diatur.

Pada tahun 1984, Rolex Submariner meluncurkan model two-tone, alias 'Rolesor' dalam istilah jam Rolex. Pada dasarnya, jam two-tone Rolex merupakan jam yang mengombinasikan dua jenis metal dalam pembuatannya, yakni emas dan stainless steel.

Saat itu, sebagian masyarakat menilai model Rolex Submariner Two-tone terlalu mencolok. Namun, sekarang, jam tersebut berhasil meraih popularitas sebagai salah satu model Submariner yang banyak dicari. Maka dari itu, tak heran jika harga Rolex Submariner Two-tone saat ini bisa mencapai ratusan juta.

Bagaimana sejarah Rolex Submariner two-tone dari waktu ke waktu? Ini detailnya;

Generasi 1 (1984-1988)

Generasi 1 (1984-1988)

Pada tahun 1984, Rolex mengeluarkan seri pertama two-tone dengan nomor referensi 16803 dengan ukuran 40mm.

Seri ini digadang-gadang sebagai seri transisi, yakni seri yang masa produksinya singkat, namun memiliki inovasi desain yang signifikan. Secara visual, jam ini memiliki dua tampilan, yakni biru dan hitam dengan detail emas.

Seri two-tone 16803 ini mengganti akrilik dengan safir dalam desainnya, serta meningkatkan ketahanan air menjadi 300m. Selain itu, jam ini juga memiliki inovasi 'nipple-dial', yakni dial yang berbentuk seperti puting. Rolex Submariner 16803 berhenti diproduksi pada tahun 1988.

Generasi 2 (1988-2009)

Generasi 2 (1988-2009)

Secara desain, generasi Submariner two-tone kedua, yakni Submariner 16613, tak jauh berbeda dengan pendahulunya.

Meski begitu, ada satu perbedaan yang cukup signifikan, yakni dalam penggunaan kalibernya. Alih-alih menggunakan Caliber 3035 seperti generasi sebelumnya, Submariner 16613 menggunakan Caliber 3135.

Submariner 16613 berhenti diproduksi pada tahun 2009. Meski begitu, seri satu ini masih sempat merasakan inovasi Rolex terkait peletakan nomor seri di setiap jamnya. Letak nomor seri Rolex bisa Anda temukan pada dial, tepatnya di bagian samping bawah.

Generasi 3 (2009-2020)

Generasi 3 (2009-2020)

Pada generasi ketiga, yakni seri 116613, Rolex Submariner two-tone mengalami beberapa perubahan signifikan.

Dari segi material, jam ini menggunakan stainless steel yang lebih tahan korosi daripada seri sebelumnya, serta menggunakan movement Kaliber 3135 versi terbaru yang lebih akurat.

Sementara itu, secara visual, seri satu ini terlihat lebih besar. Hal ini berkat penggunaan bracelet yang lebih lebar, meski pada dasarnya ukuran case Submariner 116613 tetaplah 40mm.

Generasi 4 (2020-Sekarang)

Generasi 4 (2020-Sekarang)

126613 merupakan seri terbaru Rolex Submariner two-tone yang tergolong baru. Berbeda dengan pendahulunya, case jam satu ini berukuran lebih lebar, yakni 41mm, namun lebih tipis.

Tak hanya itu, seri terbaru ini juga mengusung movement Caliber 3235 terbaru yang meningkatkan daya hingga kira-kira 70 jam. Selain itu, Submariner 126613 juga memanfaatkan teknologi Chromalight yang dapat meningkatkan daya pandang di lingkungan gelap.

Secara garis besar, berikut perbedaan Rolex Submariner two-tone dari generasi ke generasi;

rolex submariner two tone evolution

Tertarik dan ingin memiliki salah satu jam Rolex Submariner two-tone, atau malah ingin mengoleksi semuanya? Anda bisa dapatkan di Omniluxe. Ayo, hubungi Omniluxe dan segera dapatkan jam tangan Rolex otentik incaran Anda dengan harga yang kompetitif.

Best Buyers

We only sell to qualified buyers with the best value.