Rekomendasi Jam Tangan Untuk Tahun Baru Imlek 2023 Reading Latar Belakang Bagaimana Snoopy Menjadi Bagian Omega Speedmaster Model, dan Perannya Pada Insiden Apollo 13 6 minutes Next Milgauss : Jam Tangan Anti-Magnet Bagi Para Ilmuwan

Latar Belakang Bagaimana Snoopy Menjadi Bagian Omega Speedmaster Model, dan Perannya Pada Insiden Apollo 13

Omega Speedmaster 50th Anniversary Silver Snoopy Award

Apa kaitan antara karakter komik, jam tangan kronograf, dan badan antariksa? Bila anda seorang watch enthusiast, kehadiran Snoopy yang terkenal lucu dan telah menjadi karakter kultus selama bertahun-tahun, wajar apabila mempertanyakan mengapa karakter komik ini dicetak pada dial dan caseback pada model Omega Speedmaster Moonwatch? Apa kesamaan eksplorasi ruang angkasa, pembuatan jam, dan komik? Nah, jawabannya ada pada insiden Apollo 13 dan kejadian yang terjadi setelah insiden tersebut.

Tahun 2020 menandai peringatan 50 tahun Misi Apollo 13, sebuah ide yang baik untuk melihat kembali peran Omega Speedmaster dalam memulihkan kru, bagaimana ia memperoleh Penghargaan Silver Snoopy, dan jam tangan Speedy mana yang terkait dengan Snoopy.

MOONWATCH DI DALAM APOLLO 13

Seperti yang telah kita ketahui, Omega dipilih oleh NASA untuk menjadi penyedia resmi jam tangan bagi para astronot, menjadi bagian dari peralatan wajib untuk misi Apollo. Menyusul serangkaian tes drastis, yang dilakukan oleh James Ragan dari NASA dari akhir 1964 hingga awal 1965 Omega Speedmaster Professional Chronograph dinyatakan beroperasi untuk eksplorasi ruang angkasa dan di izinkan pada penerbangan. Tepat pada bulan Juli 1969, di pergelangan tangan Buzz Aldrin, itu menjadi jam tangan pertama yang dikenakan di Bulan.

Jim Lovell dan menggunakan jam tangan Omega Speedmaster dalam misi Apollo 13

Speedmaster Professional adalah bagian dari peralatan yang dikenakan oleh astronot Jim Lovell (Mission Commander), Jack Swigert (Command Module Pilot), dan Fred Haise (Lunar Module Pilot) ketika mereka memulai misi Apollo 13 pada 11 April 1970. Misi ketiga berarti untuk mendarat di Bulan, Apollo 13 adalah proyek ilmiah lain yang melibatkan pengeboran dua lubang sedalam 3 meter, menguji seismometer, mengukur proton dan elektron dari matahari yang mencapai Bulan dan lebih banyak lagi, semua itu di area Bulan bernama Formasi Fra Mauro. Tapi Apollo 13 tidak pernah sampai ke permukaan. 

Ketika pesawat ruang angkasa tersebut mencapai area dekat Bulan, terjadi masalah yang cukup serius. Mengikuti prosedur standar untuk mengaktifkan saklar untuk mengontrol kipas di tangki oksigen, kru mendengar "ledakan yang cukup besar", disertai dengan fluktuasi daya listrik dan bahan bakar pendorong sistem kontrol. Dua puluh enam detik kemudian, Swigert menghubungi Mission Control dengan frasa yang sekarang menjadi ikonik "Okay, Houston, we’ve had a problem here."

Setelah beberapa jam kemudian, Lovell, Swigert, dan Haise menemukan solusi sementara untuk memperbaiki masalah dengan bahan yang ditemukan di papan modul. Setelah sistem stabil, kru memulai perjalanannya kembali ke Bumi, yang melibatkan penggunaan daya tarik Bulan dan pembakaran yang dihitung secara tepat dari sistem propulsi penurunan modul bulan. Di sinilah jam tangan Omega Speedmaster beraksi.

Anggota Crew Apollo 13 sampai ke bumi

Seperti yang dijelaskan oleh R.J. Broer di sini, serta dalam film Ron Howard Apollo 13, kegagalan instrumen onboard berarti bahwa, “kru Apollo 13 membutuhkan jam tangan Omega Speedmaster, pengapian roket pertama kali untuk mempersingkat perkiraan lama perjalanan kembali ke Bumi, dan kedua, mengatur waktu pengapian roket untuk mengurangi kecepatan dan menaikkan sudut jalur penerbangan untuk masuk kembali ke atmosfer bumi. Operasi kedua ini sangat penting, karena kesalahan waktu dapat menyebabkan sudut masuk yang salah dan, sebagai akibatnya, potensi bencana bagi para kru. Akhirnya secara ajaib sisa penerbangan berjalan dengan baik, dan kru kembali ke Bumi dengan selamat pada tanggal 17 April 1970.

PENGHARGAAN SILVER SNOOPY

Penghargaan Silver Snoopy

Penghargaan Silver Snoopy didefinisikan sebagai penghargaan khusus yang diberikan kepada karyawan dan kontraktor NASA atas pencapaian luar biasa terkait keselamatan penerbangan manusia atau keberhasilan misi. Ini terdiri dari pin kerah "Silver Snoopy" perak murni yang diterbangkan selama misi NASA, surat pujian dan sertifikat Silver Snoopy berbingkai yang ditandatangani. Penghargaan tersebut menggambarkan Snoopy, karakter dari komik strip Peanuts yang dibuat oleh Charles M. Schulz.

Setelah menyelesaikan proyek Mercury dan Gemini, NASA menginginkan cara untuk mempromosikan kesadaran yang lebih besar di antara karyawan dan kontraktornya tentang dampak yang mereka timbulkan terhadap keselamatan penerbangan, awak penerbangan, dan misi mereka. Ide untuk penghargaan Silver Snoopy datang dari Al Chop, yang merupakan direktur kantor urusan publik untuk Manned Spacecraft Center (sekarang disebut Lyndon B. Johnson Space Center). Dia ingin membuat penghargaan yang menampilkan Snoopy sebagai astronot untuk diberikan kepada astronot sebagai pengakuan atas kontribusi yang luar biasa.

Pada tanggal 5 Oktober 1970, NASA memberikan penghargaan Snoopy kepada Omega: mengakui peran penting jam tangan Speedmaster selama kejadian Apollo 13, sebagai salah satu instrumen yang menggantikan fungsi alat yang rusak, yang pada akhirnya membantu menyelamatkan anggota kru pesawat luar angkasa misi Apollo 13.

Silver Snoopy award

JAM TANGAN OMEGA EDISI SNOOPY

Sementara Omega telah memiliki beberapa model edisi terbatas yang memiliki tema luar angkasa, para penggemar Speedy harus menunggu hingga tahun 2003 untuk melihat jam tangan edisi khusus yang memperingati penghargaan Snoopy yang diterima Omega pada tahun 1970.

Jam Tangan Omega Speedmaster 2003 Silver Snoopy Special Edition

Yang pertama dari jam tangan Speedmaster terkait Snoopy adalah perkembangan kecil dari jam tangan Speedmaster Professional Moonwatch biasa. Perbedaan utamanya adalah logo penghargaan Snoopy dicetak di penghitung detik kecil dan caseback, yang dihiasi dengan lambang Snoopy NASA dengan latar belakang biru. Speedy-Snoopy 2003 ini, dengan referensi 3578.51, dibuat dalam jumlah yang sangat besar sebanyak 5.441 buah. Ada alasan di balik angka ganjil ini, seperti yang dijelaskan Broer: “Angka tersebut berkaitan dengan 142 jam, 54 menit, dan 41 detik misi berlangsung.

Jam Tangan Omega Speedmaster 2015 Silver Snoopy Special Edition

Pada 2015, Omega meluncurkan jam tangan edisi kedua untuk peringatan 45 tahun Misi Apollo 13. Model ini, terbatas pada 1.970 buah, merujuk pada tahun dimana Omega diberikan penghargaan Silver Snoopy. Meskipun casing dan gerakannya identik, dial putihnya unik untuk jam tangan ini dan menampilkan beberapa detail yang bagus, seperti Snoopy dalam posisi tengkurap, gelembung pikiran dengan kata-kata yang diucapkan oleh Ed Harris sebagai Direktur Penerbangan NASA Gene Kranz dalam film Apollo 13 (tahun 1995), yaitu "Kegagalan bukanlah suatu pilihan". Lalu kemudian, terdapat teks yang bertuliskan "Apa yang dapat Anda lakukan dalam 14 detik?" sebagai referensi untuk mesin koreksi jalur 14 detik yang dibakar oleh Speedmaster yang diatur waktunya selama misi tersebut

Jam Tangan Omega Speedmaster 2020 50th Anniversary Silver Snoopy Special Edition

Pada tahun 2020, dalam memperingati 50 tahun peringatan penghargaan “Silver Snoopy”, Omega merilis jam tangan dengan model terbaru, yaitu Speedmaster Co-Axial Master dengan Caliber yang baru 3861, dengan dial berwarna silver dan diselimuti aksen biru pada Sub-dial, Bezel, Hands, Markers, bahkan pada strap. Diciptakan oleh pembuat jam tangan asal Inggris yang legendaris George Daniels, jam tangan ini dibuat pada diameter 42mm, dengan ref. 310.32.42.50.02.001. Berbeda dengan 2 (dua) rilisan Omega Silver Snoopy sebelumnya, edisi kali ini tidak dibuat terbatas.

Best Buyers

We only sell to qualified buyers with the best value.